News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Colourful Festival Muara Enim Tahun 2019 Berlangsung Meriah dan Sukses

Colourful Festival Muara Enim Tahun 2019 Berlangsung Meriah dan Sukses

MUARAENIM, SRINE--- Sektor pariwisata merupakan salah satu sisi yang menjadi andalan pemerintah dalam menambah pendapatannya. Berangkat dari hal ini, Pemerintah Kabupaten Muaraenim menggelar " Colourful Muaraenim Festival 2019".

Colourful Muaraenim Festival 2019 ini merupakan gelaran  yang masuk kalender tahunan yang didalam nya dikemas beberapa rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Tugu Adipura Muaraenim.

Pada Jumat (18/10/19) terdapat Festival Nyerumput 5000 Kopi  produksi asli Muaraenim , yakni kopi Semendo.


Festival nyeruput 5000 kopi tahun 2019 langsung dibuka Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH. Turut hadir juga Ketua tim Wasev TMMD BRIGJEN TNI Amalsya Tarmizi,S.Ip , Sekda Muaraenim Ir H Hasanudin M.Si,  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muaraenim Nino Andrian,SE , Forkopinda Muara enim  dan Kepala OPD Kabupaten Muara Enim.

Sebelum pembukaan, dilakukan pembacaan ikrar Pernyataan sikap untuk melawan terorisme , siap mendukung dan mensukseskan pelantikan presiden, Siap menjaga kondisi yang aman dan damai dan  NKRI harga mati.


Brigjen  TNI amalsya tarmizi dalam sambutannya  menyatakan  merupakan suatu kehormatan dapat bekumpul dan diundang untuk hadir diacara festival nyeruput 5000 kopi ini .

" Saya bangga dengan kemajuan Muara enim ini melalui sektor pariwisata, juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Muara enim atas terselenggara dan suksesnya  festival nyeruput 5000 kopi ini," ungkapnya.


Sementara , Plt Bupati Muara enim H Juarsah menerangkan jika Muaraenim
memiliki keindahan alam dan keaneka ragaman budaya yang indah dan salah satu nya adalah perkebunan Kopi .

" Kopi merupakan minuman terkenal yang mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang tinggi . Banyaknya jenis minuman kopi membuat penggemarnya memiliki banyak pilihan untuk dinikmati," kata Juarsah.

Menurut Juarsah, ide kreatif dan unik dalam minum kopi menjadi suatu dimensi yang bisa diunggulkan. Muaraenim merupakan salah satu penghasil kopi yang lahannya berada di Tanjung Agung seluas
lebih kurang 2300 hektar lebih , dengan hasil produksi pertahun lebih kurang 26000 ton per tahun.

" Kita patut bangga, Di Palembang, Bengkulu, Lampung Kopi bubuknya ber merk Kopi Semende. Jadi sudah terkenal hingga mancanegara," tegasnya.

Melalui festival 5000 kopi ini, Juarsah berharap bisa lebih mengenalkan kopi dengan cita rasa yang bervariasi yang sangat cocok dengan kaum milenial .

" Di samping itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim. Untuk itu harus kita jaga dan dilestarikan ", tandasnya.


Keesokan harinya, pada Sabtu (19/10/19). Dilanjutkan  Festival Kesenian Tradisional .
Kegiatan langsung dihadiri Plt Bupati H Juarsah SH, Dandim 0404 Muara Enim, Sekda, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK serta Kepala OPD Kabupaten Muara Enim.

Juarsah menuturkan, pentingnya mengangkat serta mengali potensi wisata kesenian yang ada di Muara Enim.

" Kita patut bersyukur karena salah satu tarian kesenian Muara Enim yakni, Tari Sambut dapat masuk kewarisan tak benda dan sudah diakui dunia.

Selanjutnya Plt Bupati memberikan hadiah kepada masyarakat yang keluar sebagai pemenang undian dalam bentuk sepeda motor.


Tidak sampai situ, pada Minggu (20/10/19). Kegiatan di isi dengan olahraga bersama melalui Fun Bike Merakyat 2019.

Plt Bupati Muara Enim kembali hadir dan ikut meramaikan Fine Bike Merakyat 2019 .
Selain itu hadir juga Kapolres ,Sekda Muara Enim, Wakil ketua penggerak PKDra. Hj. Nurhilyah Juarsah, Kepala Bank BPR dan Kepala OPD Kabupaten Muara Enim.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati
 memberikan bantuan kepada 10 anak yatim piatu .

Plt Bupati Muara Enim mengatakan, kegiatan fine bike
bisa terus kita tingkatkan dan berkelanjutan guna mendukung visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang merakyat dan agamis berdaya saing Mandiri, sehat dan sejahtera .

" Saya mengapresiasi sekali kegiatan positif seperti ini. Agar sewaktu-waktu tertentu atau hari libur kembali diadakan meskipun tidak dalam bentuk formal," tandasnya.

H Juarsah juga berharap agar kegiatan bersepeda dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan kita bersama tetap berkelanjutan.


 " Terima kasih kepada semua pihak , baik dari Kabupaten Muaraenim maupun dari kabupaten- kabupaten tetangga yang telah ikut serta dalam mengambil bagian di acara kegiatan ini. Semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahim antara masyarakat  dan pemerintah sehingga hubungan kekeluargaan dan silaturahmi kita akan tetap selalu terjaga dengan baik,"  harapnya.


Terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Isdrin ST mengatakan, Colourful Festival Muara Enim 2019 bertujuan menarik minat wisatwan untuk berkunjung ke Muaraenim.

 " Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," imbuhnya. (ADV)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar