News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Plt Bupati Muaraenim Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

Plt Bupati Muaraenim Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

MUARAENIM, SRINE-Peringatan Hari Santri Nasional diperingati secara serentak di seluruh Indonesia, begitu juga Pemerintah Kabupaten Muaraenim beserta PCNU Muaraenim menggelar  peringatan ini pada Selasa (22 /10/2019).

Kegiatan ini Dihadiri oleh Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir.H. Hasanudin, M.Si.

Dalam Sambutan nya Sekdakab membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

"Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia"

"Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari
Pahlawan".

Iapun menjelaskan bahwa Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda.

Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema, dari Pesantren untuk Indonesia. Pada tahun 2017 wajah Pesantren wajah Indonesia, pada tahun 2018 Bersama Santri Damailah Negeri.

Dan pada hari ini tepatnya Selasa 22 Oktober peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.

Sekda Muara Enim menyampaikan dalam sambut singkatnya, Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.

Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural.

Menurutnya, dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud, semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia," ucapnya.

Lanjut Sekda, disamping alasan pesantren perdamaian, keterpilihan Indonesia sebagai laboratorium sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBS) sejak 2 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020.

Dimana bargaining position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat dan nyata.

"Menjadi momentum bagi seluruh elemen Bangsa, terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional," tutupnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar