Header Ads

Hari Anak Internasional, Ini yang Dilakukan SMPN 6 OKU

BATURAJA , SRINE- Peringaran Hari Anak Internasional yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia dengan tema "Satu Hari Belajar di Luar Kelas" diisi berbagai kegiatan pada Kamis (7/11).

Salah satu bentuk pengembangan Sekolah Ramah Anak adalah melalui kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas mulai dari tingkat, PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK,MA dan SLB.

Seperti yang di laksanakan di salah satu SMPN 6 OKU,  sejak pukul 07.00 Wib,  dewan guru hingga ke Kepala Sekolah menyambut kehadiran para siswa di gerbang sekolah dengan 3S Senyum Salam dan Sapa.

Rangkaian kegiatan Sehari Belajar Diluar Kelas mulai dari berbaris di lapangan dengan menyanyikan Lagu Indoneaia Raya 3 Stanza, 

Sehari belajar di luar kelas,  di SMPN 6 OKU yang di komandoi oleh Hj Lely Julaisyah, SE mengajari siswa kelas VII hingga IX mencuci tangan sebelum makan.

Yang dilanjutkan dengan berdoa bersama sebelum makan,  dan sarapan sehat yang di siapkan orang tua siswa.

"Dengan demikian,  nantinya diharapkan para siswa dan siswi terbiasa untuk mencuci tamgan sebelum makan,  berdoa bersama dan sarapan sehat sebelum berangkat ke sekolah,"ujar Kepala Sekolah Hj Lely Julaisyah,SE didampingi dewan guru pada Kamis (7/11).

Selain itu,  ujar Lely,  para siswa juga diajarkan agar mematikan listrik yang tidak terpakai, menutup kran air yang masih terbuka,"Hal ini juga bertujuan untuk.mendidik anak agar hemat energi, dan hemat air,"jelasnya.

Lebih lanjut Lely mengungkapkan, di SMPN 6 OKU juga melaksanakan rangkaian kegiatan lain,  seperti membaca buku di luar kelas,  simulasi evakuasi bencana dan senam germes, serta permainan tradisional.

"Untuk dewan guru kita juga bersama  - sama membiasakan dalam lingkungan sekolah dengan senyum salam dan sapa untuk mencapai tujuan sekolah ramah anak,  menyapa siswa ketika melakukan kesalahan, tidak dengan marah - marah,"ungkapnya.

Dalam kesempatan itu,  Lely Julaisyah berharap kepada segenap Dewan Guru, Wali Murid dan para Siswa dan Siswi serta masyarakat lingkungan sekolah untuk bersama - sama mendukung semua program pendidikan.

"Dalam mendidik siswa dan siswi SMP ini butuh dukungan semua pihak,  agar dapat bersama - sama membentuk siswa dan siswi yang berahlak, sehingga pada akhirnya lahirlah generasi muda yang religius dan cerdas, harapan itu tidak akan terwujud kalau hanya di lakukan oleh para guru di sekolah,"tukasnya.

Di penghujung rangkaian kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMPN 6 OKU bersama wali murid dan siswa membacakan deklarasi sekolah ramah anak yang dilanjutkan dengan penanda tanganan deklarasi. (Ledy)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.