Header Ads

Kebakaran Lahan Gambut Picu Pekatnya Kabut Asap

MUARA ENIM, SRINE- Pekatnya kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan akhir- akhir ini disebabkan terbakarnya lahan gambut di wilayah Kecamatan Gelumbang.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel),  M Tasman, S, Sos pada Senin (11/11/19).


" Lahan gambut yang terbakar  di wilayah perbatasan Kecamatan Muara Belida, dan Kecamatan Gelumbang atau di Kembang Bejalu, dan juga dikawasan Patra Tani," katanya.

Menurut Tasman, karhutlah juga terjadi di wilayah Kabupaten tetangga seperti OKI, OI dan wilayah lain yang mengakibatkan asap dibawa angin menuju kawasanMuara Enim dan sekitanya.

" Memang sulit menjinakkan api dilahan gambut yang terjadi kebakaran. Namun Kami bersama para personil pemadam terus berupaya memadamkan api dari lahan gambut tersebut," imbuhnya.

 Tasman menambakan,  lahan gambut yang terbakar itu bisa padam jika hujan telah turun. Tidak ada kendala selama ini menjinakkan api lahan gambut, namun yang lebih total bisa hilang asap yaitu turun hujan.

" Kita menghimbau agar masyarakat tidak membakar lahan  sembarangan," harapnya.(01)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.