Header Ads

Pelatihan Berbasis Kompetensi Disnaker Prabumulih Di harap Dapat Mencetak Pekerja Mandiri

Kepala Dinas Tenaga Kerja Prabumulih, Ir Bambang Sukaton saat meninjau peserta pelatihan,Kamis (23/7/2020).

PRABUMULIH,  SRINE- Para pengangguran dan siswa yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas ( SMA/Sederajat) dapat menambah keterampilan sebagai modal mencari kerja.

Keterampilan tambahan ini dapat di peroleh melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi yang di gelar Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih di Gedung Balai Latihan Kerja,Jalan Sudirman Gunung Ibul ,  Prabumulih.

" Peserta sebanyak 96 orang ini dibagi menjadi 6 kelas .antaranya: Menjahit, Tata Rias, Las Mesin Mobil,Administrasi Perkantoran, karena ada ujian kompetensi maka syaratnya minimal ijazah SD",  beber Kepala Dinas Tenaga Kerja Prabumulih, Ir Bambang Sukaton kepada Sriwijaya News disela-sela pelatihan, Kamis (23/7/2020).

Dikatakanya , karena di biayai APBN, jadi Pelatihan ini tanpa dipungut biaya  alias gratis.

" Malah peserta ditanggung makan dan biaya transport, namun harus serius. Karena ini bisa bermanfaat," terangnya.

Ditambahkan Bambang, Pelatihan ini bertujuan agar nantinya para peserta dapat mandiri dengan modal keahlian tambahan yang di peroleh saat pelatihan yang akhirnya bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

" Setelah menerima sertifikat kompetensi,  mereka bisa melamar di seluruh indonesia seperti di Garment,. Pak Walikota juga  mendorong agar BLK bisa dijadikan sumber pendapatan daerah, misal nya buat Garment. Jadi bisa menerima pesanan seperti,baju seragam," urai Bambang.

Sementara itu,Instruktur Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit, Sari menjelaskan bahwa pelatihan menjahit diikuti oleh 16 peserta  selama 40 hari.

" Di sini mereka diajarkan cara mengobras, bordir dan lain sebagainya," tegasnya.

Senada yang dituturkan Nayla Afifa salah seorang peserta Pelatihan Adminustrasi Perkantoran.Menurutnya , selain karena penggangguran, yang menjadi latar belakang dirinya mengikuti pelatihan ini adalah juga untuk menambah keterampilan sebagai modal kelak.

" Disini kita busa tahu cara membuat surat, dan lain -lain,"  tegasnya.(Ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.