News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab. Muara Enim Dukung Penerapan Transaksi Nontunai Digital Berbasis Kode Bar

Pemkab. Muara Enim Dukung Penerapan Transaksi Nontunai Digital Berbasis Kode Bar

MUARA Enim,SRINE-- Dalam rangka mendukung efisiensi dan akuntabilitas transaksi keuangan daerah, khususnya di Kabupaten Muara Enim, Jumat (07/08/2020)PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung atau Bank Sumsel Babel (BSB) melaksanakan sosialisasi terhadap inovasi produk layanan transaksi nontunai berbasis kode bar QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim.


 Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Santika Palembang ini dihadiri oleh Asisten   Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab. Muara Enim, Amrullah Jamaluddin, S.E., Ken Arief beserta kepala dinas/instansi terkait.
.
Dalam penjelasannya, Direktur Umum BSB, Samiluddin menjelaskan bahwa pihaknya saat ini merupakan perbankan pertama di Sumatera yang mendapatkan izin menyelenggarakan transaksi melalui QRIS. Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa penggunaan QRIS ini sudah menjadi ketentuan bagi seluruh penyedia layanan nontunai yang diatur dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) Bank Indonesia Nomor 21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran per-1 Januari 2020.

" Melalui sistem ini, maka transaksi akan lebih efisien, cepat dan akuntabel, apalagi dalam kondisi tatanan normal baru saat ini, maka sangat tepat karena transaksi tak hanya tanpa bertatap muka, tetapi juga meniadakan sentuhan fisik dengan benda manapun karena hanya melalui pemindaian kode secara digital saja," ungkapnya.
.
Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Muara Enim, Amrullah Jamaluddin menyambut baik penerapan QRIS ini yang menurutnya murah, mudah dan lumrah.

Dirinya bersama Bupati dan dinas/instansi terkait akan menindaklanjuti penerapan QRIS ini sesuai dengan peluang, terutama investasi di Kabupaten Muara Enim. Penerapan akan dirancang mulai dari awal mengurus perizinan oleh penanam modal hingga transaksi nontunai lainnya yang berhubungan dengan kas daerah. Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan bahwa sebagai salah satu pemegang saham terbesar di BSB, maka tentunya Pemkab.

" Muara Enim akan mendukung penuh kebijakan positif dari BSB ini. Pemkab. Muara Enim akan memanfaatkan Bank Sumsel Babel semaksimal mungkin agar Bank Pembangunan Daerah ini benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tegasnya.( ZA)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar