Header Ads

Kadin PMD Prabumulih Minta Kades Kelola Dana Desa Sesuai Ketentuan


PRBUMULIH,SRINE -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bersinergi dengan tim Inspektorat Pemkot Prabumulih menggelar kegiatan Sarasehan Pencegahan Pengawasan dan Penanganan Masalah Dana Desa Tahun 2020 Kota Prabumulih di Rumah Makan Keyla Steak, Kamis (17/9/2020).

Dalam kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan selama dua hai tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Desa kota Prabumulih .Sementara   Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Prabumulih, Tim Inspektorat, dan Polres Prabumulih didaulat sebagai narasumbernya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Prabumulih, A Fauzan mengatakan,kegiatan ini bertujuan untuk mencegah atau meminimalisir penyimpangan-penyimpangan dalam penggunaan dana desa.

" Melalui kegiatan ini kita berharap dapat menghilangkan dan meminimalisir adanya penyimpangan ataupun kecurangan," kata Kepala Dinas PMD,Fauzan  kepada media.

Disebutkannya,Dalam pelaksanaan nya Kepala desa  didampingi oleh pendamping desa dan juga tenaga ahli.

 " Tenaga ahli ini terdapat di beberapa bidang yakni tenaga ahli untuk infrastruktur dan juga tenaga ahli untuk pemberdayaan.

Mantan Camat Prabumulih Timur ini menambahkan, Di minggu ini pihaknya sudah dua kali menggelar rapat tentang percepatan pelaksanaan pengelolaan Dana Desa ini.

Dan ia mengaku bahwa sesungguhnya di awal tahun atau di awal pencairan dana desa tahap pertama ini.

Untuk itu, Kades  harus merubah rencana kegiatan yang sudah di musyawarahkan atau yang sudah dicanangkan oleh kades di ujung tahun 2019 atau di awal tahun 2020 karena kita sesuai dengan edaran Mendagri, BNK dan juga aturan dari Permen-Des.

 " Ada perubahan prioritas penggunaan dana desa. jadi di sana ada untuk penanganan Covid 19 ada untuk PKPD, Dana Desa dan juga yang terakhir untuk masker yang mana sumber dananya sama dari dana desa jadi mereka ini harus mengalihkan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya," tegasnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.