Header Ads

Pesanan Belum Tiba, Gerakan Setengah Milyar Masker Tertunda

MUARAENIM,SRINE-- Sejumlah Kepala desa (Kades) di Wilayah 3 Kecamatan Semende hingga kini belum dapat melaksanakan himbauan Pemerintah Kecamatan untuk merealisasikan Surat Menteri Desa (Mendes),  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) No S.2294/HM.01.03/VIII/2020 Perihal Gerakan Setengah Milyar Masker karena terkendala pesanan belum datang.

Kades Tanjung Raya Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Afrizal saat dihubungi via ponselnya, Rabu (9/9) mengakui bahwa saat ini pihaknya belum dapat menjalankan perintah Mendes & PDTT karena pengadaan masker yang akan didistribusikan masih dalam proses pemesanan di Bandung.

"Sejak kami menerima Surat Mendes PDTT No S.2294/HM.01.03/VIII/2020 dan mendapat himbauan dari Pemerintah Kecamatan, kami segera menindaklanjuti dengan memesan sebanyak 2 ribu masker untuk dibagikan kepada kurang lebih seribu warga dan masing-masing mendapat 2 masker," akunya.

Afrizal menjelaskan, ribuan masker tersebut terpaksa dipesan di Bandung karena jika dibeli di Muara Enim dan sekitarnya para pengrajin dan penjual maksimal hanya bisa melayani sebatas 200 - 300 masker tidak  sampai ribuan, untuk itu terpaksa memesan di Bandung, hal ini tidak hanya terjadi di Desa Tanjung Raya saja tetapi terjadi pula di desa2 lain.

"Pada awal masa pandemi, kami sempat memberdayakan penjahit lokal melalui ibu-ibu PKK, namun untuk saat ini tidak memungkinkan lagi karena selain keterbatasan keterampilan, alat, bahan dan waktu pengerjaan juga berbenturan dengan aktiv├Čas lain sedangkan pengadaan ribuan masker adalah jumlah yang banyak dan kita pun tidak dapat dipaksakan," jelasnya.

Afrizal juga menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Desa Tanjung Raya atas keterlambatan pendistribusian Masker tersebut, dirinya juga meminta maaf kepada Pemerintah Kecamatan karena belum bisa menjalankan himbauan untuk merealisasikan Surat Mendes PDTT.

Hal senada juga disampaikan Kades Batu Surau Kecamatan SDT, Ridwan memaparkan bahwa pihaknya belum bisa mendistribusikan masker kepada masyarakat sebagaimana amanat Mendes PDTT karena pengadaan masker masih dalam proses, pengadaan masker yang dilakukan pun hanya pada sumber Dana Desa (DD) sedangkan dari swadaya tidak.

"Untuk melaksanakan himbauan Pemerintah Kecamatan SDT guna merealisasikan amanah Mendes PDTT, kami sudah memesan 1400 masker untuk didistribusikan kepada 700 jiwa warga Batu Surau, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat segera kita terima untuk dibagikan kepada warga," paparnya.

Saat ditanya dimana melakukan pemesanan masker dirinya mengaku memesan masker melalui Forum Kades Semende, pemesanan kepada forum Kades tersebut adalah atas inisiatifnya sendiri dan janji Ketua Forum Kades dalam 2 hari ini tiba.

Camat SDT, Khairul B Ssos melalui Sekretaris Camat (Sekcam), Riswan saat dimintai tanggapannya melalui kolom komentar akun Facebooknya menyatakan pihaknya sudah menyampaikan himbauan secara lisan dan menyurati para Kades di Wilayah hukum Kecamatan SDT secara tertulis untuk merealisasikan amanah Surat Mendes PDTT.

"Lah (sudah) kite himbau dan di surati Kades-kades," tulisnya. (Novlis Heriansyah)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.