News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bambang Sukaton Ungkap Nilai Lebih Indikator Prabumulih Layak Di Bangun UPTP- BLK

Bambang Sukaton Ungkap Nilai Lebih Indikator Prabumulih Layak Di Bangun UPTP- BLK


PRABUMULIH,SRINE---Keinginan Pemerintah Kota Prabumulih untuk memiliki Unit Pelaksanaan Teknis Pusat ( UPTP) Balai Latihan Kerja ( BLK) tampaknya akan segera terwujud. Hal ini di peroleh setelah Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Tenaga Kerja ( Kemenaker) Republik Indonesia ,Budi Hartawan melakukan lawatan ke lokasi lahan seluas 6,8 Ha yang akan dibangun BLK pusat di Kelurahan Tanjung,Kecamatan Prabumulih Selatan pada Sabtu (27/2/2021) lalu.


Budi Hartawan  menyebut bahwa Prabumulih akan segera di bangun BLK, artinya Kota Seinggok-Sepemunyian layak menerima BLK ini dikarenakan  telah memenuhi kriteria standar Kemenaker.


Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih,Ir Bambang Sukaton menilai Kota Prabumulih memiliki beberapa kelebihan sebagai indikator penunjang dibangunin BLK Pusat di Prabumulih.


Beberapa kelebihan Prabumulih kata dia adalah,letak  Prabumulih yang strategis di lewati oleh 10 dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, Pintu masuk Tol hanya sekitar 1 KM  dari lokasi pembangunan BLK. 


" Selain itu Prabumulih merupakan salah satu lambung energi nasional, Akademi Migas Kedua setelah Cepu akan di bangun di Prabumulih yang seharusnya pembangunan  di maret 2021 namun tertunda akibat pandemi dan Kota Prabumulih  menerima reward dari Gubernur Sumsel  untuk dibangun SMK Pertambangan dilokasi UPTP-BLK Tanjung Raman setelah dinobatkan sebagai Kota Gas nasional yang memiliki 43 Ribu lebih sambungan ," bebernya kepada portal ini diruang kerjanya,Selasa (2/2/2021)  .



Ini tentu saja menjadi kolaborasi dari tiga komponen untuk institusi pendidikan  dalam menelurkan tenaga kerja siap pakai sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri bukan saja bagi warga Prabumulih, namun bagi warga Sumsel secara umum.


" Namun prioritas bagi warga Prabumulih yang menjadi nilai lebih terkait Spesifikasi dan klasifikasi SDM disesuaikan berdasarkan kebutuhan dunia usaha," ujarnya.


Bambang menambahkan,  lokasi UPTP- BLK di Tanjung Raman nantinya akan di tambah seluas 10 Hektare untuk membangun tiga kejuruan yakni,Pertanian,Otomatif dan Pertambangan.


" Untuk Pertanian dan Otomotif nantinya diharapkan dapat mandiri,dan kejuruan pertambangan dapat disalurkan di perusahaan yang ada di Prabumulih," ungkanya.


Namun hal ini tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan dan tentu saja membutuhkan waktu dan proses secara bertahap.


" Tahap pertama program pelatihan  seperti menjahit yang di dorong bantuan peralatan melalui APBD pemkot Prabumulih sehingga dapat membantu masyarakat untuk mandiri ,minimal dapat mencukupi  kebutuhan rumah tangganya.Untuk pelatihan salon kita lakukan seleksi dengan mendatangi langsung rumah warga guna melihat sejauh mana keseriusan masyarakat,tidak hanya ikut-ikutan," tegasnya.


Di akhir, Bambang berharap agar program pemerintah kota Prabumulih dalam mengurangi angka pengangguran di era pandemi ini dapat terwujud.


" Tugas kami membantu mensukseskan apa saja yang menjadi program bapak Walikota dan Wakil Walikota dalam mewujudkan Kota Prabumulih Prima dan Berkualitas, Semoga di jaman covif-19 ini bisa membantu anak-anak yang putus sekolah," Tandasnya.


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar