News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Baznas Gandeng BSB, Kepala BSB Prabumulih : QRIS Mudahkan Masyarakat Salurkan Zakat,Infaq dan Shodaqoh

Baznas Gandeng BSB, Kepala BSB Prabumulih : QRIS Mudahkan Masyarakat Salurkan Zakat,Infaq dan Shodaqoh




PRABUMULIH,Sriwijayanews-- Dalam upaya memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat,  Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kota Prabumulih mengandeng Bank Sumsel Babel ( BSB) Cabang Kota Prabumulih dalam menarik zakat ,infaq dan Shodaqoh  melalui QRIS.


Sosialisasi Penarikan Zakat,Infaq dan Shodaqoh melalui pemasangan Qris pada masjid untuk Wilayah Kecamatan Prabumulih Utara dan Barat di buka Wakil Walikota Prabumulih,H Andriansyah Fikri,SH di Masjid Al-Ikhwan Kelurahan Wonosari Prabumulih Utara, Senin (19/4/21).


Selain Wawako Prabumulih ,H Andriansyah Fikri SH ,hadir juga pada kesempatan tersebut Ketua Baznas Prabumulih  H Najamudin Said,Kepala Cabang Bank  Sumsel Babel Prabumulih Tian K Yamin, Kabag Kesra ,Camat Prabumulih Utara, Lurah Wonosari Dwi Indah Widaningrum, Unit Pengumpul Zakat Prabumulih Utara dan Prabumulih Barat.


Ketua Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kota Prabumulih , H Najamuddin Said,S.ag  menjelaskan Sosialisasi Qris ini merupakan penyetoran zakat non tunai dalam rangka membantu Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam mengumpulkan Zakat ,Infaq dan Shodakoh ke masyarakat.



Menurut dia, sesungguhnya Baznas berhak membentuk UPZ dalam upaya mengumpulkan atau memungut zakat.Pasalnya sambungnya, pengumpul zakat tidak dibenarkan jika tidak memiliki payung hukum.


" Untuk itu bagi masjid yang  belum silahkan bentuk," ujarnya.


Senada, Wakil Walikota ( Wawako) Prabumulih H Andriansulyah SH mengatakan Baznas bekerja sama dengan BSB Prabumulih mengajak masyarakat untuk beribadah melalui Qris .


" Dengan Menggunakan teknologi melalui Hp masyarakat dapat membayar Zakat dengan barkot yang berhubungan dengan rekening Basnas dan Masjid," ujar Wawako dalam sambutannya.


Wawako menambahkan, masyarakat tidak usah ragu dalam membayarkan zakatnya dalam membantu sesama dalam kekurangan.


" Yakinlah dana yang terkumpul akan di pergunakan sesuai ketentuan demi membantu saudara kita yang kekurangan dan membesarkan agama islam," tegas Fikri.


Fikri juga menghimbau agar sosialisasi pembayaran zakat,infaq dan sadhaqoh melalui Qris ini lebih digalakkan lagi kepada masyarakat luas.


" Termasuk perusahaan seperti Pertamina dan kelompok masyarakat.Ini mempermudah kita untuk berbagi kepada sesama,kita tidak perlu keluar rumah.Karena sebagian harta kita milik orang lain yang seiman dan seagama.Mari kita berzakat," Ajaknya.


Sementara itu, Kepala Cabang  (Kacab) Bank Sumsel Babel  (BSB)Kota  Prabumulih Tian K Yamin menerangkan Qris merupakan salah satu bentuk produk dari Bank Indonesia dalam rangka menstandarisasi layanan dan mempermudah pembayaran .


" Quick Response Code Indonesia Standar ( QRIS) ini untuk mempermudah layanan Zakat,Infaq dan Sodhaqoh," ujar Tian Kepada Media,Senin (19/4/21).


Sebelumnya  sambung Tian, kerjasama BSB dengan Baznas Prabumulih ini sudah disajikan di 89 masjid wilayah Cambai dan Prabumulih Timur pada 15 April 2021 lalu di Islamic Center.


" Hari ini sosialisasi kepada 40 masjid untuk wilayah Prabumulih Utara dan Barat,dan Insya allah kedepan untuk 37 masjid di Prabumulih Selatan dan Rambang Kapak Tengah," katanya.


Dituturkannya, program ini dalam rangka mempermudah masyarakat dalam membayar zakat  dan pihaknya akan menerbitkan barcode yang akan di pasang di masing-masjid dan pusat-pusat keramaian sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran zakat,infaq dan sodhaqo dengan sangat gampang.


" Mereka hanya membutuhkan HP Android yang bisa mensupport layanan pembayaran Qris diantaranya contoh mobile banking Bank Sumsel Babel mobile banking bank , kemudian mereka akan scan barcode tersebut tergantung jenis barcode tersebut ada 3 jenis infaq dan shodaqoh zakat mal maupun zakat profesi tergantung mereka yang menyalurkan apa mereka scan sebesar dana yang mereka inginkan nanti dana tersebut akan langsung masuk ke rekening masjid yang ada di bank Sumsel Babel atau rekening baznas," tandasnya.


Lebih dalam Tian mengungkapkan,  rekening infaq dan shodaqoh masuk ke rekening masjid yang ada di bank Sumsel Babel nantinya masjid tadi akan menarik dana di rekening untuk disalurkan kembali sesuai ketentuan yang ada.


Di era pandemi ini, pemerintah membatasi belanja tunai dan  ,program ini juga sejalan dengan program bedah rumah pemkot Prabumulih.


 " Semoga zakat yang masuk bertambah banyak dan  tentu saja makin banyak juga rumah tidak layak huni yang dibangun,  kepada pengurus masjid secepatnya dapat membuka rekening masjid di Bank Sumsel Babel agar barcode dapat di terbitkan," harap Tian. (Ad)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar