News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

" MayDay" di Kota Makassar Diwarnai Aksi Unjuk Rasa Di Berbagai Titik

" MayDay" di Kota Makassar Diwarnai Aksi Unjuk Rasa Di Berbagai Titik


Sriwijayanews.com//Makassar, Hari Buruh Internasional/Sedunia atau International Workers’ Day juga sering dikenal dengan sebutan May Day.


Sebelum abad ke-19, istilah May Day merujuk pada perayaan pergantian musim, ke musim semi (spring) di Amerika Serikat. Nation Today menulis, May Day ini merupakan hari persatuan, kebersamaan, dan kelahiran kembali; hari bagi semua orang untuk berkumpul dan merayakan kehidupan.


Rencana aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati hari Buruh internasional (MAY DAY)hari ini tersebar di beberapa titik di kota Makassar 1Mei 2021.


Adapun titik kumpul aksi damai ini menurut informasi yang media dapatkan :

1. Pukul 09.00 wita s/d selesai bertempat di Fly Over Jl. Urip Sumoharjo Kota Makassar (Titik kumpul : Pintu 2 KIMA), rencana akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Aliansi Perjuangan Rakyat (ALPAR) yang dipimpin oleh Sdr. Taufik (Jenlap/ Cp.085391676411), dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021, dengan jumlah massa sekitar  ± 200 orang.


2. Pukul 10.00 wita s/d selesai bertempat di Fly Over Jl. Urip Sumoharjo Makassar, (Titik kumpul : KIMA dan Taman Makan Pahlawan), rencana akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Gerakan Rakyat Makassar (GERAK MAKASSAR), yang dipimpin oleh Sdr. Noval (Jenlap), menyikapi Omnibus Law RUU Cipta Kerja dengan jumlah massa sekitar ± 150 orang.


3. Pukul 10.00 wita s/d selesai bertempat Kantor DPRD Prov. Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar (Titik kumpul : Sekret DPD KSPSI, Jl. Nusantara Baru dan Sekret NIBA Jl. Vetran Selatan), rencana akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Dewan Pimpinan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Sulsel, yang dipimpin oleh Sdr. Basri Abbas, SH (Ketua) dan Sdr. Abd. Muis (Sekretaris), Cp. 085242968123/081343589235, dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021,  jumlah massa sekitar ± 100 orang.


4. Pukul 16.30 wita s/d selesai bertempat Depan Taman Makam Pahlawan Jl. Urip Sumoharjo Makassar, rencana akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Gabungan Serikat Buruh Nusantara (DPP GSBN), yang dipimpin oleh Sdri. Asmiati (Ketua) dan Askin (Sekretaris Jendral), Cp. 085299556915/082395157872, dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021, jumlah massa sekitar ± 50 orang.


5. Pukul 13.00 wita s/d selesai bertempat di Pertigaan Jl.Sultab Alauddin - AP.Pettarani  Makassar, akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Makassar (GEPMAR) dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021.


6. Pukul 13.00 wita s/d selesai bertempat di Batas Gowa - kota Makassar, akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Indonesia (Gerak Misi) dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021.


7. Pukul 16.00 wita s/d selesai bertempat Kantor DPRD Prov. Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar (Titik kumpul di Fly Over Jl. Urip Sumoharjo Makassar), akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Front Perjuangan Rakyat (FPR) Sulsel, yang dipimpin oleh sdr. Henri F.Jebss (Koordinator FPR wilayah Sulsel), dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021 dengan Jumlah massa ± 100 orang.


8. Pukul 07.00 wita s/d selesai bertempat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar. (Titik Kumpul : di Fly Over Jl. Urip Sumoharjo Makassar, KIMA 2, PT.Borwita Citra Prima Jl. Ir. Sutami Makassar, akan berlangsung aksi unjuk rasa dari Front Oposisi Rakyat dan Mahasiswa (FORMASI), yang di Pimpin oleh Sdr. YANTHONO (Jendlap), Cp. 081355111099 dalam rangka memperingati Hari Buruh International (May Day) tahun 2021 dengan Jumlah massa ± 300 orang.


Kegiatan yang serupa akan berlangsung di seluruh dunia sebagai bukti bahwa perjuangan para buruh perlu di perhatikan.


Sementara itu harapan dari Menaker menyebut Hari Buruh atau May Day 2021 adalah perayaan atas harapan yang dia dorong peringatannya diisi dengan kegiatan positif.


Menjelang perayaan Hari Buruh, yang akan dilakukan pada Sabtu (1/5),mengatakan bahwa perayaan tahun ini harus dimaknai sebagai perayaan atas harapan untuk sama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.


Meski pandemi COVID-19 telah berimbas besar bagi berbagai sektor, termasuk kesehatan dan perekonomian, tapi ia meminta semua pihak agar tetap menjaga optimisme.


Optimisme itu sangat penting untuk menghadapi pandemi COVID-19, selain kreativitas dan inovasi yang juga harus terus dilakukan agar semua sektor dapat bangkit.


"May Day tahun ini harus kita maknai sebagai perayaan atas harapan untuk kita sama-sama membangun Indonesia ke arah yang menggembirakan, ke arah yang lebih baik, meskipun masih dalam pandemi COVID-19," 


Sejarah May Day sebagai hari buruh ini lahir dari sebuah federasi internasional, sebuah kelompok sosialis dan serikat buruh menetapkan yang 1 Mei sebagai hari untuk mendukung para pekerja, dalam rangka memperingati Kerusuhan Haymarket di Chicago pada tahun 1886......MYH.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar