News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas PMD Kab Muba Dan Bank Sumsel Babel Ikuti Cash Management Sistem, CMS Di BPKP RI.

Dinas PMD Kab Muba Dan Bank Sumsel Babel Ikuti Cash Management Sistem, CMS Di BPKP RI.


Jakarta,-Sriwijayanews.com-Untuk meningkatkan Implementasi Aplikasi Siskeudes  Online, Dinas PMD Muba  ikuti in house traning Aplikasi CMS di BPKP Pusat, yang di ikuti para admin Siskeudes dinas PMD yang di kordinatori admin siskeudes Riduan SE,MSi turut serta kepala cabang  Bank Sumsel Babel Sekayu Dedek Abdul Halim diwakili oleh wakil bidang pelayanan Netty Rianasari dan rombongan pada hari Selasa ( 09/06/21)


Kepala Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP MSi, mengatakan  kegiatan In House Training Aplikasi Cash Management Sistem (CMS) koneksi Aplikasi Siskeudes online dan Aplikasi Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. 


Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP MSi memaparkan, bahwa kegiatan ini merupakan Peningkatan Implementasi Aplikasi Siskeudes Online di seluruh desa di Kabupaten Musi Banyuasin. 


Aplikasi CMS merupakan inovasi pengembangan Aplikasi Siskeudes dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI). Penerapan Aplikasi CMS koneksi Aplikasi Siskeudes online akan digunakan oleh Pemerintah Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin koneksi langsung dengan setiap transaksi penerimaan dan pengeluaran Desa yang dilakukan Kepala Desa dan Bendahara Desa di Bank Sumsel.  

Agar Aplikasi CMS dapat diimplementasikan pada Tahun 2021 di 227 Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin," Jelas Richard.


Dinas PMD akan menyusun Peraturan Bupati tentang Pengelolaan Aplikasi CMS, melakukan MOU dengan Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu serta melakukan sosialisasi ke Kepala Desa dan Operator Siskeudes.  Pemerintah Desa dapat melakukan transaksi pembayaran non tunai ke pihak penyedia barang dan jasa sehingga transaksi dapat dilakukan dengan akuntabel dan update dan rekonsilitasi rekening Koran bank dan saldo rekening Desa dapat dilakukan setiap saat," Ungkap mantan PJ Walikota Prabumulih ini.


Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa BPKP RI Adil Hamonangan Pangihutan Simanjuntak sangat menginpressasi dengan perkembangan tata kelola Dana Desa di Sumsel terkhusus kabupaten Musi Banyuasin itu sala-satu wujud nyata pemda Muba benar-benar menginginkan tata kelola keuangan desa yang akuntabel karna dengan Siskeudes banyak yang kita petik, artinya bisa menyajikan pertanggung jawaban keuangan desa secara cepat dan akurat. 


Siskeudes sudah di rancang berdasarkan  peraturan-peraturan tata kelola keuangan yang ada, seperti permendagri no 20 tahun 2018, sehungga kalau ada transaksi di luar itu akan di tolak oleh sistim, dan kalau ada orang-orang yang tidak mempunyai kewenangan mempergunakannya akan di tolak terus oleh sistim ini memang bisa membantu , mempercepat mengelola data, memberikan laporan, sangat mendukung kinerja inspektorat bidang pengawasan Dana Desa, dan keuangan desa bisa dilayaninya oleh siskeudes," ungkap Deputi ini.


Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah di capai teman-teman dalam kabupaten Musi banyuasin tentunya dalam pembinaan dinas PMD kabupaten Musi banyuasin," jelas Adil.(mrp/ril)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar