News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rangkaian Kegiatan Hut Kota Prabumulih Ke 21 Berlangsung Meriah Dan Sukses

Rangkaian Kegiatan Hut Kota Prabumulih Ke 21 Berlangsung Meriah Dan Sukses


PRABUMULIH,  Hari Ulang Tahun Kota Prabumulih  jatuh pada  17 Oktober 2022 merupakan hari  bersejarah bagi Kota Seinggok - Sepemunyian yang kini menginjak usia remaja yang  tentu saja banyak mengalami kemajuan melalui pembangunan disegala bidang.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadinya tahun ke-21  ini , Pemkot Prabumulih mengagendakan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan bhakti sosial, lomba tradisional,  memecahkan rekor MURI, lomba memasak, pembagian sembako gratis, pameran UMKM, pawai karnaval, jalan sehat sambil pungut sampah dan dilanjutkan senam bersama.

Menariknya, Pelayanan kesehatan gratis seperti operasi bibir sumbing, amandel, katarak dan operasi lainnya dengan total 34 item untuk kemaslahatan umat di banyak lokasi ini berhasil menecahkan rekor Muri.

Hut Kota Prabumulih ditandai dengan
Rapat Paripurna ke – IV Masa Persidangan ke - I DPRD Kota Prabumulih dalam Rangka Peringatan Hari Jadi ke - 21 Kota Prabumulih Tahun 2022 sekaligus Penyerahan Plakat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang ke – 9 Kota Prabumulih. Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Prabumulih, Senin Pagi (17/10/22).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dprd Prabumulih SE didampingi Wakil Ketua I H Ahmad Palo SE, Ir Dipe Anom ini dihadiri langsung Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH, Bupati OI Panca, Sekda Elman ST, Forkompinda,Kepala OPD dan Undangan lainnya.

Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno SE  dalam sambutannya mengapresiasi  atas kehadiran Gubernur Sumsel yang datang langsung menghadiri undangan peringatan HUT Kota Prabumulih.

" Terimakasih Pak Gubernur Herman Deru atas kehadirannya dan terimakasih juga kepada tamu dan undangan yang hadir," ucapnya.

Sutarno kuga menyampaikan rasa syukur atas kemajuan Kota Prabumulih di usia yang ke- 21 ini, baik pembangunan secara fisik maupun non fisik .

" Patut disyukuri bersama, karena  semua pihak yang berkompeten serta tamu yang diundang dapat hadir baik secara langsung ataupun diwakili, pada kesempatan tersebut dirinya juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Sumsel serta Forkompinda dan tamu undangan,” katanya.


Sementara Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyampaikan ucapan selamat atas peringatan HUT Kota Prabumulih yang ke-21, menurutnya di usia ke-21 ini Kota Prabumulih mengalami kemajuan yang sangat pesat baik dari sisi pembangunan secara fisik maupun peningkatan Sumber Daya Manusia .

Hal tersebut dapat dilihat dan rasakan dari jumlah pembangunan penyediaan sarana dan prasarana seperti, ketersediaan jaringan gas rumah tangga yang telah dinikmati lebih dari 90 % masyarakat Prabumulih, pemberantasan pemukiman kumuh dengan program bedah rumah, pembangunan ratusan unit rumah komunitas penyapu yang dinikmati secara gratis serta sejumlah sarana transportasi lainnya,ucapnya.

Menurut Herman Deru, kemajuan pembangunan  yang telah dicapai Kota Prabumulih baik  kemajuan bidang baik fisik maupun non fisik. Dan kemajuan yang paling menonjol adalah meningkatnya  tingkat kesejahteraan  warga Kota Prabumulih.

Ia melihat Pemkot Prabumulih di bawah komando Walikota Ridho Yahya bersama jajarannya betul -betul memperhatikan tingkat kebahagiaan warganya. Sebab menurutnya di dalam lajunya roda pemerintahan itu target utama adalah kesejahteraan rakyat.

“Kesejahteraan itu mulai dari pembangunan infrastruktur dan perhatian terhadap warganya sesuai kondisi keuangan pemerintah dan kemampuan warganya,” kata Herman Deru


Tak hanya itu Herman Deru juga memuji keberhasilan Kota Prabumulih yang sudah meraih prestasi dan penghargaan atas LKPD sehingga mendapat WTP sembilan kali secara berturut-turut.

“Tadi kita saksikan pengelolahan keuangan secara  akuntabel, kecepatan dalam memberikan laporan karena itu kekompakan antara eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Untuk itu Herman Deru berpesan apapun yang telah diraih baik prestasi dan penghargaan lainnya ini merupakan wujud dan hasil kekompakan yang  selama ini telah berjalan dengan baik.

“Saya harap prestasi dan penghargaan yang telah diraih ini teruslah dijaga bila perlu ditingkatkan lagi,” pesan Herman Deru.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Herman Deru mengajak seluruh jajaran Pemkot termasuk dinas terkait dapat saling bahu-membahu untuk menurunkan angka stunting.

“Saya minta libatkan posyandu sebagai garda terdepan mencegah stunting. Cikal bakal st7nting ini harus kita hadapi sejak dini,” ucapnya.


Sebelum mengakhiri sambutan Herman Deru mengapresiasi Pemkot Prabumulih yang begitu luar biasa sudah merealisasikan berbagai program diantaranya rumah layak huni dan sebagainya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru yang sudah perhatian terhadap kemajuan Kota Prabumulih melalui berbagai bantuan salah bantuan bersifat khusus dari gubernur

“Terima kasih kepada Pak Gubernur telah menggelontorkan bantuan gubernur seperti internet desa dan infrastruktur lainnya,” katanya.

Ridho juga menjelaskan Pemkot  Prabumulih selalu fokus menghadapi berbagai persoalan ataupun masalah mulai dari infrastruktur, ekonomi, kemiskinan dan pengangguran.

“Saya bersama pak Wawako selalu menyelasaikan persoalan ini dengan 18 program yang sudah kami canangkan,”katanya.

Disisi lain Ridho Yahya juga mengku pihaknya  agar   terus berinovasi salah satunya  dalam pemanfaatan hasil alam termasuk komoditi buah nanas.

“Untuk nanas kami selalu berinovasi mulai kulit nanas untuk dibuat sebagai olahan pewarna baju kemudian daunnya diolah dan dimanfaatkan untuk baju jumputan,” tandasnya.


Selanjutnya Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wako Prabumulih,Ir H Ridho Yahya MM dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Prabumulih Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu, Wawako Andriansyah Fikri bersama Istri, Forkompinda dan Kepala organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Prabumulih melakukan
Penyerahan Hadiah Lomba Kreasi Pangan Non Beras Non Terigu Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pangan Binaan Tim Penggerak PKK 17 Kabupaten / Kota Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. Di Depan Halaman Kantor Walikota Lama.

Dihari yang sama , Gubernur Herman Deru melalukan Penyerahan Kunci Rumah Layak Huni, Bantuan Kursi Roda, Penyerahan Kompensasi BBM , Penyerahan Buku Nikah dan Penyerahan Reward Sekolah Terbaik Pelaksanaan Shalat dan Baca Tulis Al-Qur’an
di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih.

“Terima kasih atas programnya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumsel, mendukung program Pemprov," ujar HD.

Deru menilai hari istimewa hari jadi ke 21 Prabumulih merupakan kebahagian tersendiri bagi masyarakatnya, sebab banyak sekali kemajuan baik fisik maupun non fisik.

“Di bawah kepemimpinan Wako Prabumulih Ir Ridho Yahya MM bersama jajarannya sangat memperhatikan sekali tingkat kebahagiaan warganya,” ujar Bapak Pembangunan Sumsel ini.

Selain itu, Mantan Bupati OKUT 2 periode ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak ikut terlibat di dalam percepatan kesejahteraan masyarakat di Sumsel.

Pada puncak peringatan HUT Kota Prabumulih ke 21, Pemkot membagikan 500 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, Senin, 17 Oktober 2022.
Selanjutnya Gubernur Sumsel, H Herman Deru membagikan Sembako murah kepada masyarakat  .

Siang harinya sekitar Pukul 11.30 WIB
, Herman Deru membuka Pameran Pembangunan (Prabumulih Expo). Di Taman Kota Prabujaya, Prabumulih Timur.



Pembukaan Prabumulih Ekspo ditandai pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK, Hj Febrita Lusti dan Ketua TP PKK Prabumulih Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu.


Setelah sempat vakum akibat pandemi, akhirnya Pada Rabu 19 Oktober 2022,  Hut Kota  berslogan PRIMA ( Prestasi, Religius, Inovatif, Mandiri dan Aman ) ini di meriahkan kembali dengan Karnaval pembangunan yang diikuti Sebanyak 70 barisan peserta yang  menampilkan atraksinya satu persatu di panggung kehormatan dihadiri Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM dan Wawako, H Andriansyah Fikri SH bersama Forkompinda.


Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, sangat bersyukur kalau tahun ini karnaval bisa digelar dan bisa menjadi tontonan dan menghibur masyarakat selama ini benar-benar menanti momen tersebut di HUT Kota ke 21 ini.

“Kita sangat terhibur dan sekaligus bangga melihat kreasi dan kreatif para siswa baik itu SMP ataupun SMA dalam mengikuti karnaval akhirnya tahun ini bisa diselenggarakan dan dinikmati masyarakat,” aku Ridho, sapaan akrabnya.

Dia juga mengatakan, kalau tahun ini karnaval terakhir bersama dirinya dan Wawako karena September 2023 masa jabatannya berakhir sebagai Wako Prabumulih.


“Kita puas karnaval tahun ini, semarak sekali dan antusias warga besar lagi,” terang suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Dia juga mengatakan, kalau tahun ini karnaval terakhir bersama dirinya dan Wawako karena September 2023 masa jabatannya berakhir sebagai Wako Prabumulih.

“Kita puas karnaval tahun ini, semarak sekali dan antusias warga besar lagi,” terang suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini


Sementara itu, senada juga diungkapkan Wawako, H Andriansyah Fikri SH, kalau karnaval tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya.

“Keanekaragaman atraksinya, penampilan memang memukau. Selain itu, antusias masyarakat juga begitu besarnya karena karnaval tahun pengobatan kerinduan karena hampir tidak diselenggarakan karena Covid-19,” beber Fikri, sapaan akrabnya.

Selain itu, aku suami Hj Reni Indahyani SKM MSi ini lewat kegiatan karnaval ini menghidupkan kembali ekonomi masyarakat. “Karena, banyak mengais rezeki dalam kegiatan karnaval ini,” tukasnya.

Kepala Bappeda, Ir Abu Schocib MT mengatakan, ada 70 barisan peserta karnaval tahun ini. “Terdiri dari 20 SMP, 22 SMA, dan sisanya umum,” tukas Abu.


Kata dia, memang karnaval tahun ini begitu ditunggu-tunggu masyarakat karena akibat Covid-19 beberapa tahun tidak dilaksanakan. “Masyarakat memang antusias sekali, menyaksikan karnaval tahun ini,” tandasnya.

Selanjut pada Jumat, 21 Oktober 2022
Para pejabat di lingkungan Pemkot Prabumulih, terlibat dan ikut aneka lomba tradisional dalam rangka memeriahkan HUT Kota ke 21 di Halaman Pemkot.

Yaitu, lomba balap sarung, lomba kelereng, makan kerupuk, lomba memasukan paku ke botol, dan lomba gaplek.

Termasuk Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM dan Wawako, H Andriansyah Fikri SH bersama Sekda, Elman ST MM dan para Assisten juga para Kepala OPD terlibat dalam lomba itu.

Seru sekali, tanpa memandang jabatan mereka terlihat bahagia dan tertawa mengikuti lomba-lomba tersebut digelar guna menyemarakan HUT Kota Prabumulih ke 22 tahun ini.

Ridho, begitu sapaan akrabnya mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana atau ajang silaturahmi antara pejabat dan pegawai Pemkot. “Tetapi, ikut melestarikan permainan tradisional hampir punah. Kalau tidak kita siapa lagi, mau melestarikannya,” ujar ayah tiga anak ini.

Apalagi, kata suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, permainan ini hanya dilakukan kalau tidak peringatan HUT RI yah HUT Kota Prabumulih saja. “Selain ini, juga memberikan dampak positif kepada para pejabat dan pegawai dalam lomba tersebut. Melatih kekompakan, juga memperkuat tali silaturahmi antar sesama supaya makin erat,” pungkasnya.


Dalam rangkaian terakhir peringatan HUT Kota Prabumulih ke-21, Pemkot Prabumulih mengelar senam bersama masyarakat di Taman PJ mengundang Instruktur Senam Zumba “Liza Natalia”, Minggu, 23 Oktober 2022.

Usai pelaksanaan jalan sehat sambil pungut sampah dipimping Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, Wawako H Andriansyah Fikri SH, Sekda Elman ST MM dan para Asisten di lingkungan Pemkot.

Liza Natalia bersama tim langsung memimpin senam bersama mengoyang di atas podium Taman PJ, diikuti ribuan masyarakat di Prabumulih ini.

Ridho, sapaan akrabnya Wako Prabumulih mengatakan, ini merupakan rangkaian HUT Kota Prabumulih ke-21 ini bisa dilakukan yaitu jalan sehat sambil pungut sampah dilanjutkan senam bersama.


“Sambil jalan sehat, pungut sampah. Kita jadi bersih badan jadi sehat, masyarakat jadi tahu bahwa membersihkan lingkungan bukan hanya tugas penyapu jalan tetapi tugas masyarakat. Kepada anak-anak SD, Wako juga ikut pungut sampah,” ujar suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.


Kata ayah tiga anak ini, mengelar sesuatu tidak perlu malam hari. Ternyata, pagi hari badan sehat lewat zumba.


“Rawan mabuk-mabukan, narkoba, dan lainnya. Pagi terjamin, badan sehat, dan ramainya lebih dari malam hari. Petugas keamanan, tidak perlu repot berjaga ekstra jika kegiatan malam hari,” beber Wako 2 Periode ini.


Sementara itu, Liza Natalia mengaku, senang hadir di Prabumulih apalagi ini merupakan kedelapan kalinya ia hadir di Prabumulih senam bersama. “Saya tidak pernah bosan datang ke Prabumulih, guna berzumba bersama menyehatkan masyarakat Kota Nanas ini,” tukas Liza.


Kata dia, apalagi melihat antusias masyarakat Prabumulih dalam mengikuti senam dilaksanakannya sangat besar sekali. “Ayo kita senam bersama, sambil mengerakkan dan mengoyangkan badan agar sehat,” pungkasnya.


Pada kegiatan itu juga dilakukan pengundian nasabah BSP berhadiah sepeda motor. Juga penarikan undian door prize dilakukan Wako, Wawako, Sekda, Forkompinda, bersama sejumlah tamu dan undangan hadir. (ADV)



Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar