News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76 Berlangsung Meriah

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76 Berlangsung Meriah


# Gubernur Puji Capaian Prestasi Kabupaten Muara Enim

Sriwijaya News, Muara Enim - DPRD Kabupaten Muara Enim, Sumsel , menggelar Rapat Paripurna Istimewa ke VI dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muara Enim ke-76, Senin ( 21/11/2022).


Rapat  dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc., ini dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru , Pj Bupati Kurniawan, SP, MSi, Forkompinda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, H. Riswandar, S.H.,  M.H.,Kepala OPD serta para undangan lainnya.


Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengapresiasi   banyak capaian berhasil dilakukan Kabupaten Muara Enim guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan daerah dihari jadinya ke-76.

" Hal ini tak lepas dari peran serta Kepala Daerah dalam hal ini Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, AP., M.Si., bersama seluruh pemangku kepentingan yang komitmen dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah," ungkap Deru.

Dalam rapat paripurna Deru pun memuji capaian kinerja mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan dengan rata-rata 7,16%, begitupun halnya dengan perkembangan APBD yang naik dari 2,3 triliun rupiah pada tahun 2017 menjadi 3,2 triliun rupiah di tahun 2022, dengan realisasi investasi lebih dari 9 triliyun rupiah. 

" Semoga capaian tersebut dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan guna bersama mewujudkan masyarakat yang sejahtera," harapnya.


Sementara itu  Pj. Bupati Muara Enim, Kurniawan ,SP , MS,i berkomitmen untuk terus melaksanakan program pembangunan menuju Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera (Merakyat). 


" Capaian kinerja diantaranya yaitu Indeks pembangunan manusia yang terus meningkat, angka harapan hidup bertambah, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tercermin dari angka kemiskinan yang turun 0.87%, penurunan angka stunting, menurunnya tingkat pengangguran terbuka, naiknya rasio desa berlistrik mencapai 99,99% dan akses pelayanan air bersih PDAM Lematang Enim mencapai 67,43% atau sama dengan 37.686 sambungan rumah tangga," ujannya.


Dihari yang sama, Selepas menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muara Enim dalam rangka Hari Jadi Kab. Muara Enim ke-76 tahun. Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, AP., M.Si., mendampingi Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, meresmikan pembangunan dinding penahan tanah (Talud) Sungai Enim.

Pj. Bupati mengapresiasi  Gubernur Sumsel yang telah meresmikan pembangunan perdana Talud sepanjang 1.890 meter ini. 

" Terimakasih Pak Gubernur, selain sebagai wajah penataan Kota Muara Enim agar terlihat rapi, talud ini juga berfungsi sebagai perlindungan longsor sert penggerusan abrasi sungai, " urainya.


 Pj. Bupati pun mengungkap bahwa pembangunan Talud tersebut berkat bantuan peran serta perusahaan yang tertuang dalam naskah perjanjian dana hibah daerah antara PT. Bukit Asam dan Pemkab. Muara Enim sebesar Rp.106,60 milyar. 

" Terima kasih juga kepada Gubernur Sumsel yang telah memberikan dukungan dalam pembangunan jembatan Ujan Mas Lama melalui Dana Bantuan Gubernur tahun 2020 dan 2021 sebesar Rp. 21 milyar, "ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkab. Muara Enim di hari jadi ke-76 ini, telah diresmikannya pembangunan dinding penahan tanah yang dibangun atas bantuan dana (Corporate Social Responsibility/CSR) PT. Bukit Asam.

 " Kepada masyarakat setelah pembangunan ini untuk dapat bersama menjaga fasilitas yang telah dibangun, dengan harapan Kota Muara Enim akan semakin tertata rapi dan indah kedepannya., " harap Deru.

Selanjutnya masih dalam rangkaian kemeriahan peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim ke-76.


Pj. Bupati Kurniawan, AP., M.Si., bersama Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari, S.STP., M.SI., menyaksikan pengukuhan pengurus Forum Silaturahmi Antar Pengajian Serasan Sekundang (Forsapss) sekaligus mengikuti Tabligh Akbar Kebangsaan dalam rangka memperingati 1 abad Nahdlatul Ulama dan hari jadi Kabupaten Muara Enim di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (21/11).


Dalam pelantikan tersebut sebanyak 22 pengurus tingkat kecamatan dikukuhkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, yang hadir didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumatera Selatan berpesan kepada pengurus yang telah dilantik untuk tetap kompak serta turut berperan dalam menjaga keharmonisan persatuan dan kesatuan umat dalam menyebarluaskan ajaran agama Islam.

 " Semoga Pemerintah Kabupaten Muara Enim dapat menjembatani program keagamaan yang tertuang dalam tujuan pembentukan Forsapss guna menuju Kabupaten Muara Enim yang Agamis, " harapnya.


Sementara itu Pj. Bupati juga menyampaikan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik. 

 " Untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang Merakyat salah satunya yaitu Kabupaten Muara Enim yang Agamis, Pemkab. Muara Enim juga telah meluncurkan program yaitu satu desa satu da'i, yang juga sejalan dengan program Gubernur Sumatera yaitu satu desa satu rumah tahfiz, " tandasnya.


Sebelumnya , dalam rangka memeriahkan hari jadinya ke-76, Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga menggelar berbagai kegiatan,diantaranya Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing Gratis, kegiatan Gebyar UMKM dan Pagelaran Seni Promosi Wisata yang dibuka langsung Pj Bupati, Kurniawan ,SP, MS,i di GOR Pancasila Muara Enim, Sabtu (19/11).

Keesokan harinya, Minggu (20/11/2022 ,Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, AP., M.Si., membuka Perlombaan Njale Rambang yang diselenggarakan oleh Gerasan Asli Serasan Sekundang (GASS) di Sungai Enim. ( ADV- KOMINFO)

.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar