News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Plt Bupati Muara Enim Resmikan PLTS Irigasi Desa Karang Raja

Plt Bupati Muara Enim Resmikan PLTS Irigasi Desa Karang Raja


Muara Enim -Sebagai  salah satu bentuk kontribusi nyata dalam mendorong dan memperkenalkan penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Muara Enim, PT Bukit Asam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi karang Raja .

Plt. Bupati Muara Enim Ahmad Usmawi Kaffah, SH, LLM (Bhan), LLM (Abdan), Phd, di dampingi ketua Plt. TP. PKK Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, S.E, meresmikan PLTS irigasi Karang Raja, yang di hadiri oleh direktur SDM PTBA Suherman, JM pertambangan Hartono, Forkopimda, ketua DPRD Liono Basuki, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH, ketua pengadilan negeri, yang mewakili Dandim yaitu kasdim, juga yang mewakili Danrindam, dan jajaran pejabat di lingkungan tempat Kabupaten Muara Enim.(17/08/23).

Pembangunan ini adalah sebagai bentuk komitmen kami dari perusahaan yang ada di ring 1 Desa Karang Raja ini untuk memberikan manfaat dan manfaat dalam membantu mensejahterakan masyarakat yang ada di wilayah operasi.

Selaras dengan tujuan mulia yang ada di PT. Bukit Asam yaitu membangun peradaban meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya irigasi Desa Karang Raja ini merupakan pembangkit ke-6 yang sudah selesai kami bangun.  Sebelumnya 2 tahun yang lalu di Desa Tanjung Raja, dua di Lampung, satu di Sumatera Barat.  Di daerah operasional kita juga kemudian yang sedang berproses di Desa Muara lawai.

PLTS Karang Raja dibangun mulai bulan September 2022 dan selesai pada Februari 2023. PLTS ini memiliki kapasitas terpasang sekitar 38 kilowatch dengan luas lahan panel sekitar 132 meter persegi, yang akan mampu mengairi  lahan sekitar kurang lebih 35 hektar.

Diharapkan petani di Desa Karang Raja ini akan dapat menikmati masa tanam atau masa panen 2 sampai 3 kali sertahun. Kebutuhan air sawah tidak akan tergantung lagi dari cuaca, di musim kemarau air  masih bisa kita suplai dengan adanya pompa.

Potensi peningkatan hasil Tani ini akan dapat mencapai sekitar 175 ton gabah kering giling per tahun, oleh karenanya PLTS ini tidak hanya mampu untuk memberikan manfaat secara ekonomi bagi kurang lebih sekitar 121 orang petani tetapi juga Kami harapkan akan dapat mendorong pertanian yang lebih ramah lingkungan dan mampu mengurangi emisi karbon sebagaimana program pemerintah yang dicanangkan oleh pemerintah sekarang ini yaitu net Zero emission pada tahun 2060.

Kepala Desa mengucapkan HUT RI ke - 78 dan ucapan terima kasih kepada  PT. bukit Asam Tbk yang telah memberikan bantuan PLTS  irigasi secara gratis. Kami sangat antusias dan bangga hadirnya PLTS d Desa Karang Raja dan kami akan mensukseskan dan melanjutkan PLTS ini sehingga tidak menjadi mangkrak.

"Terimakasih kepada Plt. Bupati yang telah telah meresmikan PLTS irigas Karang Raja. Kharapannya kepada masyarakat dan Kepala Desa Karang Raja untuk dapat merawat PLTS ini bersama-sama menjaga dan merawatnya sehingga manfaat yang kita harapkan ini dapat kita optimalkan bagi masyarakat dan warga yang ada di desa Karang Raja," ujar direktur SDM PT. Bukit Asam Suherman.  

"Plt Bupati Muara Enim sangat bangga  dan senang hadirnya PLTS,  saya beserta kawan-kawan  mensupport penuh,  mudah-mudahan PTBA terus melanjutkan juga di daerah-daerah lain. Kami sebagai polisi Maker akan mensupport dan masyarakat pun mensupport," tutupnya (DP)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar