News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali Resmikan Puskesmas Panang Enim

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali Resmikan Puskesmas Panang Enim

 


Kamis 22 Februari 2024,

SRIWIJAYA NEWS , Muara Enim - Pemkab Muara Enim meluncurkan terobosan baru, dimana seluruh ASN/Pegawai yang ada di perangkat daerah ikut berperan dalam mengatasi stunting secara sukarela menjadi orangtua asuh balita stunting yaitu dengan Inovasi Program Integrasi Orang Tua Asuh Balita Stunting Menuju Generasi Emas (Piring Emas), bertempat di Puskesmas Panang Enim Desa Lebak Budi Kecamatan Panang Enim, Rabu (21/02/2024).


Turut hadir kegiatan tersebut diantaranya, Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Para Asisten, Para Kepala OPD Pemkab Muara Enim, Camat Panang Enim, Camat Tanjung Agung, TPP PKK Kabupaten Muara Enim, Para Kades dan Tamu undangan lainnya.


 Pj Bupati H. Ahmad Rizali menyebut melalui inovasi ini Kabupaten Muara Enim bisa melakukan percepatan penurunan prevalensi stunting sesuai target yaitu 17 persen pada tahun 2024, dan dibawah 14 % di tahun 2025.


Menurutnya , dengan hadirnya invoasi ini, masing-masing perangkat daerah termasuk camat diharapkan mengambil peran menjadi orangtua asuh anak-anak balita stunting yang saat ini ada sesuai kemampuan. Setiap anak yang menjadi anak asuh akan mendapatkan bantuan tambahan asupan gizi selama 6 bulan dan kemudian akan menjadi program yang berkelanjutan dari masing-masing perangkat daerah.


Pj Bupati juga berharap program inovasi Piring Emas ini  dapat menular kepada semua pihak baik unsur masyarakat yang mampu maupun pihak swasta. Sehingga semua pihak terlibat dan bertanggungjawab dalam penanganan stunting di Kabupaten Muara Enim


Sementara senada , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Eni Zatila dalam laporannya menyampaikan selain kegiatan peluncuran Inovasi Piring Emas di Kabupaten Muara Enim, pada hari ini juga akan meresmikan Puskesmas Panang Enim di Kecamatan Panang Enim. Tentunya keberadaan Puskesmas yang ditujukan untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Kesehatan baik upaya promotive, preventif dalam pencegahan penyakit, juga untuk pengobatan (kuratif).


Lanjut Eni Zatila , untuk menjamin pelayanan kesehatan yang mudah dan gratis bagi masyarakat, Pemkab Muara Enim telah menganggarkan melalui APBD kurang lebih sebesar Rp.80 miliar setiap tahunnya serta ditambah upaya peningkatan sarana prasarana kesehatan baik gedung, alat kesehatan, obat-obatan serta kendaraan ambulan. Dengan hadirnya fasilitas puskesmas Panang Enim ini diharapkan pelayanan Kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Panang Enim akan menjadi semakin baik.( RH)





Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar