News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua Dprd Prabumulih Minta Dinkes Cegah Agar Korban DBD Tidak Meluas

Ketua Dprd Prabumulih Minta Dinkes Cegah Agar Korban DBD Tidak Meluas


PRABUMULIH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, Sutarno, SE, menghimbau agar kepada Dinas Kesehatan untuk segera turun tangan dalam menangani penyakit Demam Berdarah (DBD) yang telah menelan korban jiwa. 

Menurut politisi Golkar Prabumulih ini, DBD merupakan penyakit  serius yang mengancam kesehatan masyarakat bahkan bisa meninggal dunia.

" Agar penyebaran tidak meluas ,kita dorong Dinkes secepatnya mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang cepat ," tegas Tarno Kepada Media, Rabu (5/7/23).

Dikatakannya, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian DBD. 

Untuk itu kata dia, Dinas Kesehatan harus secara aktif mensosialisasikan tentang cara menghilangkan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti, seperti menguras dan menutup rapat wadah air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, serta menggunakan kelambu atau obat anti-nyamuk untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Disisi lain, Sutarno juga mendorong Dinas Kesehatan untuk meningkatkan sistem pemantauan dan deteksi dini DBD. 

Langkah ini dinilai penting agar kasus DBD terindenfifikasi  dengan cepat, sehingga tindakan medis dapat dilakukan segera dan mencegah perkembangan penyakit yang lebih parah.

" Untuk itu kerjasama antara Dinas Kesehatan dan masyarakat dalam menangani masalah DBD demi mengurangi jumlah kasus DBD dan memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai untuk penanganan pasien DBD ini ," katanya.

Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno, SE, berharap agar dinkes segera merespon serius  agar kondisi ini bisa terkendali.

" Langkah-langkah pencegahan  tepat dan penanganan cepat untuk mengendalikan penyebaran penyakit Demam Berdarah dan mencegah terjadinya korban jiwa lebih banyak lagi dapat teratasi," tukasnya.

Diketahui, Penyakit Demam Berdarah adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi virus dengue. Gejala utama DBD meliputi demam tinggi, nyeri sendi dan otot, ruam pada kulit, serta pendarahan pada beberapa kasus yang lebih parah. Jika tidak ditangani dengan baik, DBD dapat mengakibatkan komplikasi serius dan dalam beberapa kasus dapat berakibat fatal.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar