Header Ads

Sita Lima Senpi Serahan Warga

MARTAPURA,SRINE,COM -Masyarakat Kabupaten OKU Timur yang memiliki senjata api rakitan (senpira) sepertinya harus segera menyerahkan senpira miliknya ke Mapolres atau Mapolsek terdekat. Pasalnya, Polres OKU Timur bakal menggelar razia senpira besar-besaran. Razia dalam rangka Operasi Sapu Jagad 2017 tersebut menyasar pemilik senpira dan senjata tajam (sajam).

Kapolres OKU Timur, AKBP Irsan Sinuhaji  SIK MH mengatakan razia dilakukan dalam upaya menekan aksi kejahatan terutama curas, curat dan curanmor (3C). Orang nomor satu di lingkungan Mapolres OKU Timur itu mengimbau kepada masyarakat untuk segera menyerahkan senpira miliknya.

“Kami akan gelar razia besar-besaran. Apabila kedapatan, kami akan proses secara hukum. Namun bila menyerahkan, tidak akan diproses,” tegas Irsan saat dibincangi wartawan.

Irsan menjelaskan kepemilikan senjata api secara ilegal bisa dijerat dengan UU Darurat No 12 tahun 1951. Yang mana hukuman bagi yang memiliki dan menguasai senjata ilegal bisa dihukum selama 20 tahun kurungan penjara. “Jadi daripada dihukum lama, lebih baik segera menyerahkan secara sukarela. Jika tidak berani langsung, bisa diserahkan ke Kades, Camat atau Lurah setempat. Bisa juga ke kantor Koramil,” terangnya.

Masih kata Irsan, pihaknya juga sudah mensosialisasikan giat kepolisian itu ke tokoh masyarakat serta aparatur pemerintahan. “Operasi ini sudah kami sosialisasikan. Kami juga minta dukungan dari tokoh masyarakat, serta aparatur pemerintahan untuk mengimbau warganya menyerahkan senpira yang dimilikinya,” katanya.

Imbauan Kapolres tersebut ternyata mendapat tanggapan positif dari warga. Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah senpira sudah diserahkan pemiliknya ke Kades ataupun Camat. Seperti di Kecamatan Cempaka yang sudah menyerahkan dua pucuk senpira yang terdiri dari satu senjata laras panjang  jenis loocok dan satu laras pendek jenis revolver beserta 3 amunisi. Lalu di Kecamatan Belitang III, Camat menyerahkan dua pucuk senjata laras panjang kenis loocok. Kemudian di Kecamatan Buay Madang juga diserahkan satu unit senpira laras panjang jenis locok.

Camat Cempaka, Muslih menuturkan senpira yang diserahkan ke Polsek Cempaka tersebut merupakan hasil serahan warganya. “Kami sudah sosialisasikan Operasi Sapu Jagad ini ke tingkatan Lurah dan RT setempat. Ternyata mendapat respon yang cukup baik. Sudah ada dua warga yang menyerahkan senpiranya,” pungkasnya. (roy

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.